Followers

Ilmu Jauh Lebih Berharga Dibandingkan Harta


Selama ini kita selalu mengejar harta, karena harta kita bisa lupa akan segala hal. tetapi kalau kita sadar, ilmu dapat memberikan harta, tetapi harta tidak akan memberikan ilmu. Inilah yang membuktikan bahwa Ilmu jauh lebih mulia dari pada harta. Simaklah artikel berikut.
Keutamaan ilmu dibandingkan harta menurut Ali bin Abi thalib, ketika beliau ditanya oleh kaum khawarij.



  1. Ilmu adalah warisan para Nabi dan Rasul, sedangkan harta adalah warisan Firaun dan Qarun
  2. Ilmu akan menjaga diri kita, sedangkan harta justru sebaliknya, kitalah yang harus menjaganya.
  3. Semakin berilmu, semakin banyak orang yang menyayangi dan meng menghormatinya, sedangkan semakin banyak harta, semakin banyak musuh dan orang yang iri kepadanya.
  4. Ilmu jika digunakan dan diamalkan justru akan semakin bertambah. Sedangkan harta jika digunakan justru akan semakin berkurang.
  5. Pemilik ilmu akan dihormati dan mendapat sebutan baik, sedangkan pemilik harta seringkali dicemooh dan mendapat julukan yang buruk.
  6. Ilmu itu tidak ada pencurinya, sedangkan harta banyak pencurinya.
  7. Pemilik ilmu akan diberi syafaat (pertolongan) di hari akhir kelak, sedangkan pemilik harta akan dihisab (diusut asal muasal dan penggunaan hartanya) oleh Allah SWT.
  8. Ilmu akan abadi selamanya, sedangkan harta suatu saat akan habis tak bersisa.
  9. Pemilik ilmu dijunjing tinggi karena kualitas manusianya, sedangkan pemilik harta dijunjung tinggi karena jumlah kekayaannya.
  10. Ilmu itu akan menyinari pemiliknya, sehingga hatinya menjadi lembut, tidak beku, dan hidup menjadi tenteram. Sedangkan harta akan membuat gelap mata pemiliknya, hati menjadi keras, dan hidup tidak menjadi tenang.
Namun demikian, alangkah baiknya jika kita selain berilmu, juga berharta, dengan catatan bahwa harta itu digunakan untuk kebaikan.



Ilmu Jauh Lebih Berharga Dibandingkan Harta
Anda sedang membaca artikel Ilmu Jauh Lebih Berharga Dibandingkan Harta dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2011/03/ilmu-jauh-lebih-berharga-dibandingkan.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »