Followers

Arus Listrik untuk Padamkan Api


Arus Listrik untuk Padamkan Api

 
Petugas pemadam kebakaran masa depan akan memusnahkan api menggunakan arus listrik.

Pada saat National Meeting & Exposition of the American Chemical Society ke-241, peneliti dari Harvard menjabarkan sebuah teknik memadamkan api tanpa menggunakan air. Mereka memaparkan penggunaan arus listrik dalam teknologi pemadam kebakaran--sebuah penelitian sekitar 200 tahun yang lalu mengungkap kalau listrik dapat mengubah bentuk lidah api.

Sistem yang dibuat para peneliti melibatkan penguat arus listrik 600 watt yang terhubung dengan semacam tongkat yang berguna untuk menembakkan arus listrik. Para peneliti menembakkan arus tersebut ke api sebesar satu kaki. Dari jarak tertentu, tongkat tersebut berhasil memadamkan api berkali-kali.

"Proses yang terjadi sangat rumit. Kami belum mengerti sepenuhnya," demikian aku para peneliti. Akan tetapi, mereka memperkirakan partikel karbon yang dihasilkan saat kebakaran mudah tersetrum. Saat ada arus listrik, stabilitas lidah api jadi terganggu dan mati.

Peneliti menjelaskan kalau mereka bisa menggunakan listrik 60 watt untuk memadamkan api. Artinya, para petugas pemadam dapat menjinjing atau menggendong "pemompa listrik" saat bertugas. Petugas dapat membuka jalur untuk dapat masuk ke dalam gedung yang tengah terbakar atau membuka jalan bagi orang yang terjebak di dalam gedung.

Teknologi ini dapat juga diaplikasikan pada langit-langit gedung, seperti alat penyemprot air yang saat ini biasa digunakan. 

Arus Listrik untuk Padamkan Api
Anda sedang membaca artikel Arus Listrik untuk Padamkan Api dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2011/03/arus-listrik-untuk-padamkan-api.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »