Followers

Ini Baru Asli Mesin Mobil Bertenaga Kuda


Istilahhorsepower atau tenaga kuda kali ini boleh diartikan secara sebenarnya atau harafiah. Sebuah truk tangki trailer di Pennsylvania, Amerika Serikat, ditarik oleh empat kuda amish setelah terjebak di tumpukan salju.

Joel Appleman, warga, tanpa sengaja mengabadikan momen itu ketika hendak bekerja. Truk 18 roda yang diperkirakan bermerek Peterbilt atau Kenworth itu agaknya kesulitan untuk bergerak karena masuk ke pinggir jalan yang ditumpuki salju. Walau terlihat berat, keempat kuda amish ini tidak butuh waktu lama untuk menarik truk kembali ke jalan aspal dengan bantuan dua roda kecil.

Ironinya, truk yang secara umum bertransmisi 13-percepatan dan berbobot (kepala saja) lebih kurang 5,4 ton itu punya tenaga setidaknya 400-500 HP. Tentu ini jauh dari tenaga empat kuda tadi jika dibandingkan secara matematis.

Yang tak kalah ironis, menurut sejarah, kuda amish atau kuda penarik kereta sejenisnya adalah kuda andalan ketika AS mengalami masa depresi besar tahun 1930-an, ketika perekonomian mereka benar-benar jatuh.

Inikah gambaran satire sekaligus solusi ketika AS sibuk bicara teknologi mengatasi ketergantungan minyak, kekhawatiran seputar harga bahan bakar, dan bayangan kejatuhan ekonomi?





Ini Baru Asli Mesin Mobil Bertenaga Kuda
Anda sedang membaca artikel Ini Baru Asli Mesin Mobil Bertenaga Kuda dengan url : http://sigithermawan12.blogspot.com/2011/02/ini-baru-asli-mesin-mobil-bertenaga-kuda.html
Dapatkan Artikel Terbaru Gratis!! Masukan Email Kamu Disini :
Terima Kasih
Comments
0 Comments

0 komentar :

Post a Comment

budayakan berkomentar sopan dan edukatif...

Baca Juga

 
Tahukah Kamu »